Kamis, 30 September 2010

Kampung Kukusan

Kukusan adalah sebuah perkampungan kecil yang ada di pinggir jakarta. Kampung/desa ini adalah sebuah desa yang kultur budayanya betawi pinggir. Banyak budaya-budaya betawi masih di lestarikan walaupun tak sebanyak dahulu. Kekeluargaan orang-orang di kukusan pun amat lah sangat dekat. Semua orang yang ada di kukusan yang asli saling kenal mengenali walupun jaraknya jauh antar rumah,karena kalo di urutkan dengan kakek buyut ternyata hampir satu akar. oleh sebab itu persaudaraan di kukusan pun amatlah erat. Kampung ini juga sudah terkenal sampai pelosok nusantara,sampai-sampai ke luar negri. Karena kukusan adalah kampung yang amat strategis,karena dekat dengan jakarta dan juga bogor.

Kata "kukusan" berasal dari pohon yang banyak di kukusan. Pohon itu namanya kokosan,pohon ini amat banyak di kukusan. Tetapi sekarang pohon tersebut sudah jarang sekali ditemukan. 
Banak versi yang mengartikan kata kukusan tersebut,ada yang bilang kalau kukusan itu adalah dari kata alat dapur dan ada pula yang menyebutkan kalau kukusan adalah dari 3 pohon "benda" yang berdiri membentuk titik segitiga kalau di gariskan.
Pohon benda disini bukan berarti pohon berbentuk benda,tetapi pohon yang selalu di beri sesajen dan konon pohon ini mengeluarkan benda seperti batu atau keris kalau ada orang terpilih yang mendapatkan batu tersebut. Dan sekarang pohon itu hanya tersisa satu,karena telah berdiri bangunan-bangunan yang mewah. sampai saat ini pohon itu masih misterius,karena pohon itu sudah ada dari dahulu.

Pada tahun 1920-an kukusan berada di naungan pemerintah belanda,pada saat itu gedung pemerintahannya ada di margonda(sekarang olala yang di margo).Setelah belanda kalah oleh jerman,akhirnya gedung itu di beli oleh pengusaha china. Orang china itu menguasai hampir separuh kota depok. Dia menguasai Pondok Cina,Kukusan,Beji,Tana Baru sampai ke Limo. Tetapi wilayah itu di bagi menjadi 2 base,yaitu base pertama yaitu daerah kukusan,pondok cina,beji dan tanah baru. Base ke 2 adalah wilayah Limo dan sekitarnya. Bagian wilayah pertama sendiri di pegang oleh Juragan Sinda,juragan di sini di artikan sebagai kaki tangan orang china tersebut.
Juragan sinda mempunya kisah yang amat tersohor,ilmu silatnya sangat ampuh dan tak tertandingi. Nama juragan sinda di abadikan sebagai nama jalan di daerah utara kukusan.



4 komentar:

  1. Informasi menarik mengenai Kukusan, tempat saya tinggal sekarang.
    Saya jg menulis mengenai kukusan di blog saya. Tapi hanya menyoroti kawasan mahasiswa di sekitar kantor kelurahan kukusan.
    Silakan kunjungi ayahzaid.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  3. terima kasih atas inspirasinya. makanan sehat memang sangat penting, selain itu perhatikan juga apa alat memasak Anda sudah sehat?

    Oxone Air Fryer

    BalasHapus
  4. bolehkah saya mendapat kontak anda? ada yang ingin saya tanyakan. Bila boleh mohon utk menghubungi saya di email zainmizu@gmail.com Trims

    BalasHapus